Tips Belajar Pemrograman

Banyak sekali program yang dimunculkan oleh berbagai macam instansi maupun tiap personil. Tapi... tahukah anda bagaimana seseorang dapat memiliki ide yang begitu jenius untuk membuat sebuah aplikasi yang berbasis program. Saya mempunyai tips yang jitu untuk membantu anda dalam menguasai pemrograman:
1. Berdoalah terlebih dahulu sebelum memulai ke langkah berikutnya
Kalau anda tidak menyerahkan semuanya sama yang di atas, maka semuanya akan sia - sia saja
2. Pertajam logika anda
Setiap orang pasti memiliki nalar dan logika. Gunakan logika anda untuk mempermudah dalam menganalisa sutu kasus. Tidak hanya program saja yang memakai logika. Dalam kehidupan sehari - hari pun, anda juga butuh logika. Mau bukti? Coba anda bayangkan, bagaimana cara anda makan agar tangan anda tidak kotor? Pasti dengan alat bukan. Itu hanya secuil dari kehidupan anda. Asah dan pertajam logika anda, untuk dapat membantu anda dalam berpikir
3. Berpikirlah seperti seorang pencuri
Kalian tau kan bagaimana aksi si pencuri.... Mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Apabila rencana yang mereka bangun telah gagal, maka mereka akan memakai rencana B, dan rencana - rencana yang lainnya. Dalam mempelajari pemrograman juga haruslah demikian. Banyak cara untuk membuat sebuah program. Dan saya yakin, apabila anda dan teman anda mendapatkan sebuah kasus, maka cara yang anda gunakan akan berbeda dengan teman anda, meskipun hasil yang diperoleh sama
4. Jadilah orang yang berpikir dangkal dalam menganalisa
Sebelumnya saya mau minta maaf jika anda tersinggung. Maksud saya begini... Anda dapat menggunakan berbagai cara untuk membuat program seperti halnya pencuri. Tapi anda harus ingat....! Dalam membuat program, anda harus memaksimalkan program anda sesederhana mungkin, agar program anda dapat diketahui olh client/ dosen/ atau malah teman anda. Sebagai contoh, ada seorang anak kecil sedang berdiri di samping pohon mangga. Ia ingin sekali makan buah mangga yang ada di pohon tersebut. Coba tebak ... cara apa yang akan dilakukan oleh anak kecil itu untuk mendapatkan mangga dari pohon itu? Pasti anda akan berpikir.... bagaimana klo naik tangga saja, atau panjat aja, atau klo perlu tebang aja. Cara yang saya sebutkan di atas mungkin terlintas di benak anda. Tapi... yang saya maksudkan bukan itu... Ada cara lain untuk mendapatkan mangga, yakni dengan menggoyangkan pohonnya, agar mangga - mangga tersebut dapat jatuh dari pohonnya. Bukankah itu cara yang lebih mudah?

Semoga saja melalui tips yang saya berikan, dapat membantu anda dalam membuat sebuah program. Gbu

3 thoughts on “Tips Belajar Pemrograman

Ericova mengatakan...

ehm kalau saya saran do buat poin 4 kayaknya poin judulnya kurang tepat, saya berpikir sepintas itu seperti kita pura2 tidak tau tapi tahu sebenranya @_@ hehehe mohon koreksi :p

Edo mengatakan...

Thanks buat kritikannya. Nama pada poin 4 sudah saya ganti. Gb

Rendy*ew mengatakan...

halo edo