Tips koneksi php ke dalam phpmyadmin


Wah sudah lama nich saya tidak nge-blog lagi. Mungkin karena banyaknya kegiatan sehingga blog ini sempat tidak terurus, he..he..he…. Kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara yang lebih efisien dalam melakukan koneksi php ke dalam phpmyadmin. Mungkin bagi pembaca yang sudah berpengalaman di bidang php, sudah pernah mencobanya. Agar tidak ribet lagi. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buat sebuah file khusus untuk koneksi saja
Cara ini mirip sebuah modul, dimana modul ini nantinya akan kita gunakan pada semua halaman web yang terhubung ke dalam database phpmyadmin. Contoh file yang saya buat koneksi.php
  1. Ketikkan script berikut ini:

Berikut penjelasannya:
  • $host = "localhost";
Di sini saya membuat sebuah variable bernama $host yang berisi localhost. Ini semua karena saya menggunakan server local, yakni pada komputerku. Kalau seandainya, rekan-rekan menggunakan 2 komputer dimana komputer server berada dengan komputer client, anda bisa mengganti localhost dengan no IP komputer server.
Contoh: $host = "185.265.45.26";
  • $username = "root";
$password = "123";
Variabel $username dan $password berisi user dan password database yang saya buat. Di sini saya menggunakan user “root”, dimana ni merupakan user tertinggi dalam sebuah database. Apabila anda tidak menggunakan user root, anda bisa menggunakan user anda dimana database anda berada.
  • $database = "db_latihan";
Variabel $database saya buat untuk memberikan nilai berupa nama database yang akan saya gunakan.
  • $koneksi = mysql_connect($host,$username,$password);
Ini adalah cara koneksi database phpmyadmin dengan php. Sebenarnya anda bisa juga tidak menggunakan variable $koneksi. Di sini, variable $koneksi saya gunakan untuk mengetes, apakah koneksi berhasi ataukah koneksi yang saya lakukan gagal.
  • if ($koneksi)
{
            echo ("Koneksi Sukses");
}
else
{
            echo ("Koneksi Gagal");
}
Cara ini saya gunakan untuk mengetes apakah koneksi berhasil atau tidak. Apabila koneksi berhasil, pada halaman web akan tampil pesan “Koneksi Sukses”. Sebaliknya jika gagal akan muncul pesan “Koneksi Gagal”
  1. Buat include pada setiap halaman web


Hal ini berfungsi ketika anda membutuhkan koneksi, anda tidak perlu mendeklarasikan ulang koneksi ke dalam database pada setiap halaman web. Anda cukup menggunakan include. Kenapa saya buat seperti itu? Karena apabila ada kesalahan pada koneksi, anda tidak perlu merubah satu persatu halaman web. Anda cukup merubah script yang terdapat pada koneksi.php

Mudah bukan? Sekarang anda bisa mencobanya sendiri. Semoga berhasil. Salam EdTan ^^

2 thoughts on “Tips koneksi php ke dalam phpmyadmin

Unknown mengatakan...

makasih gan udah berbagi ilmunya,bermanfaat banget :D semoga berkah amin :D

Unknown mengatakan...

ok, makasih gan