Sharing Knowledge Coass Session 2: Pemrograman Jaringan Menggunakan Java

Messager menjadi salah satu sarana media komunikasi dalam era teknologi saat ini. Berbagai aplikasi bermunculan tanpa tahu bagaimana proses pembuatan program tersebut. Hal itulah yang menjadi landasan bagi tim Coass Laboratorium Komputer Stikom Surabaya untuk mengadakan acara Sharing Knowledge. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (10/12/2009) dan bertempat di ruang referensi perpustakaan STIKOM Surabaya dengan menghadirkan Andrias Melianus Siwabessy sebagai narasumbernya.

Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Tak lepas pula, informasi yang diberikan dalam acara ini ditujukan bagi mereka yang sudah lulus sebagai pembekalan hardskill dalam menempuh dunia kerja. Itulah yang dituturkan oleh bapak Yoppy, selaku kabag LabKom yang ikut mendukung acara tersebut.

Dibantu oleh Stanislaus sebagai Event Organizer, mahasiswa yang akrab dipanggil Andrias ini menjelaskan tentang proses koneksi antar server dan client menggunakan socket. Agar mahasiswa memahami lebih jelas tentang penggunaan socket dalam dunia chatting, maka disediakan pula contoh program, baik dengan tampilan GUI maupun command prompt. Berbekal pengalamannya sebagai CoAss, para peserta juga diajak ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Itu terbukti dengan tawarannya kepada mahasiswa untuk mencicipi program chat buatan mahasiswa D3 MI ini.

Berbagai macam pertanyaan dilontarkan oleh mahasiswa guna memperdalam ilmu mereka dalam dunia jaringan. Rasa antusias dan penasaran dari peserta membuat pertanyaan tersebut menjadi ajang tukar pendapat dalam acara tersebut. Namun, mahasiswa angkatan 2007 ini tetap sabar dan berusaha menjawab pertanyaan dari peserta. Acara yang berlangsung ± 1 jam ini ditutup dengan motivasi yang diberikan oleh bapak Yoppy agar mahasiswa ikut berpartisipasi dalam acara tersebut guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa itu sendiri.

4 thoughts on “Sharing Knowledge Coass Session 2: Pemrograman Jaringan Menggunakan Java

Ericova mengatakan...

mantab bro :D sayang saya g bs ikut

Ed-Tan mengatakan...

y.. mungkin laern kali malah u yg tampil nantinya... Wkwkwkwk

Anonim mengatakan...

hmmm... baru baca ney, setelah iseng2 ngetik 'Andrias Melianus Siwabessy' di google.


Sayang fotonya ngga ada.

Tapi, makasih ya Ed-Tan! :D

Ed-Tan mengatakan...

OK sama2... Btw nih penggemarnya Andrias y?