Tak punya PC/Laptop? Aplikasi portable solusinya

Artikel ini sengaja saya buat bagi mereka yang merasa bahwa semua kebutuhan harus ada komputer. Memang kebutuhan itu tidak salah dan sangat diperlukan, apalagi kita hidup di zaman yang serba teknologi. Namun bagaimana jika pendapatan anda kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Aplikasi potable lah solusinya.

Berbekal aplikasi portable, saya dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen menjadi lebih ringan. Memang aplikasi portable tidak akan bisa jalan tanpa adanya media komputer. Namun itu semua bukan menjadi halangan untuk kita terus maju menuju kesuksesan. Anda dapat pergi ke warnet untuk membuka aplikasi anda dan membantu anda dalam mengerjakan tugas anda. Dan perlu anda ketahui pula bahwa software yang ada di warnet umumnya adalah software yang standard. Artinya software tersebut hanya berisi aplikasi office, browser, dan aplikasi untuk menjalankan music maupun untuk membuka gambar.

Lalu bagaimana jika anda menempuh studi dan mengambil jurusan programming dimana kita selalu berhadapan dengan yang namanya program? Pastilah aplikasi untuk pembuatan program jarang atau bahkan tidak pernah anda temui di warnet. Anda pun bisa menggunakan aplikasi portable untuk membantu perkuliahan anda. Aplikasi portable lebih praktis karena anda tidak perlu menginstall aplikasi tersebut dan anda bisa membawanya ke mana – mana. Terdapat 10 aplikasi portable yang umumnya saya gunakan dan mungkin bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas – tugas anda, antara lain:

1. Indopreter Portable

Aplikasi ini akan membantu anda dalam menterjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Hal ini akan lebih memudahkan anda daripada anda membawa kamus tebal setiap hari.

2. dr Java

Aplikasi ini adalah salah satu editor java yang dapat anda gunakan dalam pemrograman. Aplikasi ini mirip dengan EditPlus dan JCreator karena terdapat toolbar untuk melakukan proses compile dan run. Aplikasi ini sangat cocok bagi mereka yang terbiasa menggunakan EditPlus maupun JCreator. Masalahnya, di computer yang anda gunakan untuk mengeksekusi program yang anda buat harus sudah terdapat java di dalamnya

3. Notepad ++

Aplikasi ini juga sama dengan aplikasi dr Java. Perbedaannya anda dapat melakukan compile dan run di command prompt. Jika anda yang mungkin senang menggunakan command prompt dalam mengeksekusi program anda, Notepad++ solusinya. Namun masalah yang dihadapi oleh Notepad++ sama dengan dr Java, yaitu software java harus sudah terinstall di dalam computer yang akan anda gunakan.

4. Open Office Portable

Mungkin aplikasi ini sudah tidak asing bagi anda. Aplikasi office ini memiliki kesamaan dengan aplikasi office milik Microsoft. Jika anda terbiasa menggunakan Open Office, mungkin aplikasi ini sangat berguna bagi anda. Keunggulan aplikasi ini dibandingkan aplikasi office milik Microsoft adalah aplikasi ini dapat mencovert dokumen anda ke dalam bentuk PDF.

5. Efficient Diary-Port

Butuh teman curhat untuk mengutarakan isi hati anda? Efficient Diary-Port merupakan opsi terbaik sebagai teman curhat anda. Aplikasi ini bertujuan sebagai buku diary elektronik bagi anda yang senang untuk menuangkan perasaan anda ke dalam sebuah media. Dilengkapi pula dengan password guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi anda.

6. Sunbird Portable

Jika anda merupakan salah satu orang tersibuk karena berbagai macam kegiatan yang anda ikuti, anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mengatur jadwal anda sehingga jadwal anda akan lebih tertata rapi. Dilengkapi dengan reminder yang akan mengingatkan anda jika anda lupa akan jadwal yang telah anda buat.

7. VLC Portable

Berbagai macam format film dapat anda jalankan dengan aplikasi ini. Memang, aplikasi ini serupa dengan WMC (Windows Media Classic). Namun keunggulan aplikasi ini adalah bahwa anda tidak perlu menginstall codec ke dalam PC/ Laptop anda, sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi anda yang butuh hiburan di dunia film.

8. Folder Protector

Ancaman hacker dan cracker selalu berkeliaran di sekitar anda? Dan anda takut jika file atau dokumen anda bakal dicuri? Bagi kaum portable, sekarang bukan masalah lagi karena salah satu keamanan terbaik telah ada pada Folder Protector. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengamankan folder dengan melakukan proses package, sehingga semua file yang berada di dalam folder tersebut akan di-protect secara langsung dalam satu folder. Aplikasi ini pun juga mudah untuk digunakan karena anda tinggal mencopy aplikasi ini ke dalam folder yang ingin anda amankan. Tapi perlu anda ingat juga, jangan sampai anda lupa password yang telah anda buat. Karena aplikasi ini tidak ada proses backup maupun recovery. Jadi, data anda akan selamanya ter-protect tanpa ada yang bisa membukanya. Saran saya, anda bisa menyimpan password anda ke dalam aplikasi Efficient Diary-Port

9. Portable Internet Download Manager

Anda sering surfing atau browsing di internet? Dan anda butuh secepat mungkin dalam melakukan proses download? Aplikasi ini solusinya. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk membantu anda dalam proses download agar mendapatkan waktu yang lebih cepat. Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan memecah file berdasarkan ukuran yang anda unduh sehingga proses download bisa lebih cepat selesai.

10. Thinstall Portable

Program yang saya sebutkan di atas dapat anda download sepuasnya di internet karena bersifat freeware. Namun, jika ada aplikasi yang anda inginkan dan tidak terdapat versi portablenya, janganlah anda gelisah. Karena saya akan membantu anda untuk memecahkan masalah anda dengan menghadirkan software yang satu ini. Thinstall Portable namanya. Aplikasi ini dapat membuat aplikasi portable sesuai dengan aplikasi yang anda inginkan. Sehingga, apabila di dalam komputer anda tidak terinstall program Java, anda bisa membuat aplikasi Java versi portable. Sehingga penggunaan aplikasi dr Java dan Notepad++ bukan menjadi masalah anda lagi . Beberapa aplikasi yang pernah saya buat versi portablenya, yaitu WTK (Wireless Tool Kit) dan JDK (Java Development Kit). Anda bisa juga membuat berbagai versi portable yang anda butuhkan, seperti Power Designer, Microsoft Visio, dsb.

Setelah membaca artikel saya ini, pasti di dalam benak anda ingin cepat – cepat berhadapan ke komputer untuk mencari aplikasi yang anda butuhkan. Saya harap aplikasi yang saya sebutkan di atas menjadi salah satu media dalam membantu mengembangkan potensi anda, baik di bidang softskill maupun hardskill. Selamat mencoba!

5 thoughts on “Tak punya PC/Laptop? Aplikasi portable solusinya

Ericova mengatakan...

nice info bro :)

Edo mengatakan...

Okay bang....

ceyster_tyvern mengatakan...

ksh link dunlut ny dunk gan.. biar ga ribet hrus googling dlu klo pengen aplikasi ny.. hehe.. ^^

ceyster_tyvern mengatakan...

ksh link dunlut ny dunk gan.. biar ga ribet hrus googling dlu klo pengen aplikasi ny.. hehe.. ^^

Edo mengatakan...

Y ntar tak usahakan... Klo mau lebih mudah, download ja di http://portableapps.com/
Sebagian filenya yang aku sebutkan di artikel tersebut ada di situ